Page 79 - Renja 2021
P. 79

dibutuhkan kerja keras, kompetensi SDM, serta perlunya berbaikan atas hal-hal yang
                  sifatnya kritis terkait dengan layanan yang harus diberikan kepada masyarakat.

                         Aspek  lain  sebagai  pendukung  pelayanan  publik  yang  lebih  baik  adalah

                  pelaksanaan  koordinasi,  baik  dengan  Kementerian  Perindustrian  dan  Kementerian
                  Perdagangan maupun dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten.

                  Koordinasi vertikal bertujuan untuk menserasikan pelaksanaan kegiatan dari pusat
                  untuk  dilaksanakan  di  daerah.  Pelaksanaan  koordinasi  dengan  Kementerian

                  Perindustrian dan Kementerian Perdagangan tersebut selama ini berjalan dengan baik,

                  yang  berlangsung  dalam  beberapa  kesempatan  acara  sosialisasi  dan  rapat  kerja
                  menjadi kesempatan baik bagi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak

                  untuk  menyampaikan  dan  mengkoordinasikan  pelaksanaan  program/kegiatan  dari

                  pusat  yang  dilaksanakan  di  daerah.  Sementara  itu,  koordinasi  dengan  Dinas
                  Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten lebih sering dalam hal penyerasian

                  usulan program/kegiatan yang diusulkan untuk diserasikan dengan program/kegiatan

                  Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak.


                  2.3.2.  Permasalahan dan Hambatan

                         Dari pengalaman tahun 2020, realisasi indikator kinerja yang masih di bawah

                  target tidak lepas dari adanya permasalahan dan hambatan yang ada. Permasalahan
                  dan hambatan tersebut bersifat teknis dan non teknis yang memerlukan penanganan

                  nyata dan segera agar pelaksanaan program/kegiatan dapat berjalan lebih optimal di
                  akhir tahun 2021.

                         Pembahasan  mengenai  permasalahan  dan  hambatan  yang  dihadapi  selain

                  kualitas  dan  kuantitas  sumber  daya  manusia  pegawai  Dinas  Perindustrian  dan
                  Perdagangan yang belum merata disetiap bidang, disusun sesuai program prioritas

                  yang telah dilakukan pada tahun 2021.

                  1.  Program Perlindungan Konsumen dan Pengamanan Perdagangan
                      Beberapa permasalahan dalam pelaksanaan program ini antara lain :

                      ▪  Perusahan besar dan menengah belum seluruhnya memiliki kesadaran untuk

                         menjaga  standarisasi  alat  ukurnya,  serta  perusahaan  kecil  yang  langsung
                         berinteraksi dengan konsumen belum memiliki kesadaran untuk menera alat

                         ukurnya.





                  Renja Disperindag 2021
                                                                                                             55
   74   75   76   77   78   79   80   81   82   83   84