BIDANG SEKETARIATAN
  1. Sekretariat
  2. Sub Bagian Program
  3. Sub Bagian Keuangan
  4. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

TUGAS POKOK :

Memimpin, merencanakan, mengatur, mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan operasional administrasi umum, perencanaan, kepegawaian, keuangan dan perlengkapan.

 

FUNGSI : 

  1. penyusunan program dan petunjuk teknis penyelenggaraan administrasi umum, perencanaan, kepegawaian, keuangan dan perlengkapan;
  2. perencanaan operasional kegiatan administrasi umum, perencanaan, kepegawaian, keuangan dan perlengkapan;
  3. pengendalian dan pembinaan administrasi umum, perencanaan, kepegawaian, keuangan dan perlengkapan;
  4. pengkoordinasian penyusunan program dan laporan bidang-bidang; dan
  5. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

URAIAN TUGAS :

  1. Merumuskan dan mengendalikan penyusunan renstra dan renja dinas;
  2. Merumuskan dan mengendalikan penyusunan rpjpd dan rpjmd pada bidang perindustrian dan perdagangan;
  3. Merumuskan dan mengendalikan bahan-bahan pembahasan penyusunan rka-skpd dan dpa-skpd dinas;
  4. Merumuskan dan mengendalikan penyusunan rka-skpd dan rancangan dpa-skpd dinas;
  5. Menyiapkan bahan-bahan pembahasan dengan bawahan terkait penjabaran dpa-skpd dinas yang telah ditetapkan bupati;
  6. Merumuskan dan menetapkan petunjuk operasional masing-masing program kegiatan yang tertuang dalam dpa-skpd dinas dan kebijakan umumbidang urusan perindustrian dan perdagangan yang menjadi kewenangan daerah;
  7. Merumuskan, menetapkan, dan mengendalikan sop penyelenggaraan masing-masing program dan kegiatan di lingkungan dinas;
  8. Merumuskan sasaran yang hendak dicapai berdasarkan skala prioritas dan dana yang tersedia sebagai dasar pelaksanaan tugas;
  9. Menyusun program dan petunjuk teknis penyelenggaraan administrasi umum, perencanaan, kepegawaian, keuangan dan perlengkapan;
  10. Menyelenggarakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas administrasi umum, perencanaan, kepegawaian, keuangan dan perlengkapan;
  11. Mengkoordinasikan semua bidang dalam rangka menghimpun perencanaan kegiatan, evaluasi dan menganalisa data serta laporan hasil kegiatan;
  12. Menyusun laporan administrasi umum, perencanaan, kepegawaian, keuangan dan perlengkapan sebagai pertanggungjawaban kepada atasan;
  13. Menyusun laporan akuntabilitas kinerja dinas;
  14. Menyusun lppd tahunan dan lppd lima tahunan di lingkup dinas;
  15. Menyusun lkpj bupati akhir tahun dan akhir masa jabatan bupati di lingkup dinas;
  16. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan, ketentuan-ketentuan yang berkaitan dengan administrasi umum, perencanaan, kepegawaian, keuangan dan perlengkapan;
  17. Memberikan saran dan pertimbangan teknis administrasi umum, perencanaan, kepegawaian, keuangan dan perlengkapan kepada atasan;
  18. Membagi tugas dan mendelegasikan kewenangan kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  19. Membimbing atau memberikan petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;
  20. Menilai hasil kerja bawahan secara berjenjang, memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pengembangan karier;
  21. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan; dan
  22. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

TUGAS POKOK :

Merencanakan kegiatan, melaksanakan, membagi tugas dan mengkoordinasikan penyusunan bahan perencanaan program dan kegiatan pada Dinas jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

 

TUGAS POKOK :

Merencanakan kegiatan, melaksanakan, membagi tugas dan mengkoordinasikan penyusunan bahan perencanaan program dan kegiatan pada Dinas jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

 


FUNGSI :

  1. Perencanaan kegiatan penyusunan bahan rencana program dan kegiatan pada Dinas;
  2. Pelaksanaan kegiatan penyusunan bahan rencana program dan kegiatan pada Dinas;
  3. Pembagian pelaksanaan tugas kegiatan penyusunan bahan rencana program dan kegiatan pada Dinas; dan
  4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 


URAIAN TUGAS :

  1. Menghimpun dan menyusun bahan-bahan penyusunan Renstra dan Renja Dinas;
  2. Menghimpun dan menyusun bahan-bahan penyusunan RPJPD dan RPJMD Dinas;
  3. Menghimpun dan menyusun bahan-bahan pembahasan penyusunan RKA-SKPD dan DPA-SKPD Dinas;
  4. Menghimpun, memaduserasikan dan mengolah perencanaan program dan kegiatan dari masing-masing Bidang;
  5. Menghimpun dan mengolah bahan evaluasi program dan kegiatan Bidang;
  6. Mengumpulkan bahan-bahan LPPD tahunan dan LPPD lima tahunan dalam bidang Perindustrian dan Perdagangan sebagai bahan penyusunan LPPD Tahunan dan LPPD lima tahunan kabupaten;
  7. Mengumpulkan bahan-bahan LKPJ akhir tahun dan akhir masa jabatan Bupati UrusanPerindustrian dan Perdagangan;
  8. Menyiapkan bahan laporan akuntabilitas kinerja pada Sub Bagian;
  9. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan lingkup tugas serta mencari alternatif pemecahannya;
  10. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan bidang tugasnya sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  11. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  12. Membagi tugas kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  13. Memberi petunjuk kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku;
  14. Menilai hasil kerja bawahan, memonitor, dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pengembangan karier;
  15. Menyusun laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan; dan
  16. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

TUGAS POKOK :

Merencanakan, melaksanakan, membagi tugas dan mengkoordinasikan kegiatan penatausahaan dan pelaporan keuangan pada Dinas.

 

FUNGSI :

  1. perencanaan kegiatan penatausahaan dan pelaporan keuangan pada Dinas;
  2. pelaksanaan penatausahaan dan pelaporan keuangan pada Dinas;
  3. pembagian pelaksanaan tugas kegiatan penatausahaan dan pelaporan keuangan pada Dinas; dan
  4. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

URAIAN TUGAS :

  1. Menyusun rencana kerja administrasi pengelolaan keuangan Dinas;
  2. Menyusun data dan bahan penyusunan rencana kebutuhan keuangan di lingkungan Dinas;
  3. Menyusun bahan pedoman dan petunjuk teknis pengadaan barang di lingkungan Dinas;
  4. Menyelenggarakan penatausahaan keuangan Dinas;
  5. Memverifikasi kelengkapan dokumen penerbitan dan pengajuan Surat Permintaan Pembayaran Uang Persediaan (SPP-UP), SPP Ganti Uang (SPP-GU), SPP Tambahan Uang (SPP-TU), dan SPP Langsung (SPP-LS) yang diajukan oleh bendahara pengeluaran kepada pengguna anggaran/ kuasa pengguna anggaran;
  6. Memverifikasi kelengkapan dokumen penerbitan dan pengajuan SPP-LS untuk pembayaran gaji dan tunjangan serta penghasilan lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang diajukan oleh bendahara pengeluaran kepada pengguna anggaran/ kuasa pengguna anggaran;
  7. Memverifikasi kelengkapan dokumen SPP-LS pengadaan barang dan jasa yang diajukan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) untuk disampaikan kepada bendahara pengeluaran;
  8. Memverifikasi kelengkapan dokumen laporan pertanggungjawaban (SPJ) penggunaan uang persediaan/ ganti uang persediaan/ tambah uang persediaan yang disampaikan bendahara pengeluaran kepada Kepala Dinas paling lambat tanggal 10 bulan berikutnya;
  9. Mengkoordinasikan pelaksanaan sistem dan prosedur penatausahaan akuntansi keuangan yang meliputi akuntansi penerimaan kas, akuntansi pengeluaran kas, akuntansi aset tetap dan akuntansi selain kas;
  10. Menyiapkan Laporan Realisasi Semester Pertama Pendapatan dan Belanja Dinas serta Prognosis 6 (enam) bulan berikutnya paling lama 7 ( tujuh) hari kerja setelah semester pertama tahun anggaran berkenaan berakhir;
  11. Menyiapkan laporan keuangan Dinas tahun anggaran berkenaan dan disampaikan kepada kepala Dinas untuk ditetapkan sebagai laporan pertanggungjawaban pelaksanaan Dinas;
  12. Menyiapkan bahan laporan akuntabilitas kinerja pada Sub Bagian;
  13. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan lingkup tugas serta mencari alternatif pemecahannya;
  14. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan bidang tugasnya sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  15. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  16. Membagi tugas kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  17. Memberi petunjuk kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku;
  18. Menilai hasil kerja bawahan, memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pengembangan karier;
  19. Menyusun laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan; dan
  20. melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 TUGAS POKOK :

Merencanakan kegiatan, melaksanakan, membagi tugas dan mengendalikan perencanaan tata warkat, kepegawaian, kehumasan dan dokumentasi, perlengkapan, perbekalan dan keperluan alat tulis serta ruang perkantoran pada Dinas.

 

 FUNGSI : 

  1. perencanaan kegiatan perencanaan tata warkat, kepegawaian, kehumasan dan dokumentasi, perlengkapan, perbekalan dan keperluan alat tulis;
  2. pelaksanaan perencanaan tata warkat, kepegawaian, kehumasan dan dokumentasiperlengkapan, perbekalan dan keperluan alat tulis;
  3. pembagian pelaksanaan tugas perencanaan tata warkat, kepegawaian, kehumasan dan dokumentasi, perlengkapan, perbekalan dan keperluan alat tulis; dan
  4. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

 

URAIAN TUGAS :

  1. menyusun rencana kegiatan urusan tata warkat, kepegawaian, kehumasan dan dokumentasi, perlengkapan, perbekalan dan keperluan alat tulis serta ruang perkantoran Dinas;
  2. melaksanakan ketatawarkatan Dinas meliputi pengaturan pengelolaan surat masuk surat keluar dan pengaturan pencatatan jadwal kegiatan dinas dalam rangka kelancaran tugas;
  3. melakukan pencatatan dan pengisian buku/ register tentang : Standar harga barang/ peralatan; Daftar pesanan barang, formulir pesanan; Pengadaan barang, penyerahan barang; Berita acara penerimaan barang, serah terima barang; Kartu inventaris barang; Buku penerimaan, pengeluaran barang; Buku penyerahan barang kepada unit/satuan kerja;
  4. melaksanakan dokumentasi kepemilikan barang selain kendaraan, tanah dan bangunan;
  5. melaksanakan penyiapan bahan sensus barang milik daerah di Dinas sebagai bahan penyusunan Buku Inventaris dan Buku Induk Inventaris barang milik pemerintah daerah;
  6. menyiapkan dan mendistribusikan perlengkapan dan keperluan ATK di lingkungan Dinas;
  7. menganalisa dan menyusun usulan penghapusan aset Dinas;
  8. menyusun bahan pengajuan penetapan status untuk penguasaan dan penggunaan barang milik daerah yang diperoleh dari beban APBD dan perolehan lainnya yang sah;
  9. melaksanakan pencatatan dan inventarisasi barang milik daerah yang berada dalam penguasaan Dinas;
  10. menyusun usulan pemindahtanganan barang milik daerah berupa tanah dan/ atau bangunan yang tidak memerlukan persetujuan DPRD dan barang milik daerah selain tanah dan bangunan;
  11. menyusun laporan mengenai kebutuhan barang berdasarkan skala prioritas;
  12. menyediakan bahan dalam pelaksanaan tender/ pelelangan/ penunjukan langsung berkaitan dengan pengadaan perlengkapan dan bangunan;
  13. menyusun administrasi pembelian perlengkapan dan perbekalan di lingkungan Dinas;
  14. menyusun dan mengklasifikasi data pembelian barang bergerak dan tidak bergerak di lingkungan Dinas;
  15. melaksanakan penawaran barang, harga dan mutu kepada rekanan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  16. menerima, meneliti, mengevaluasi penawaran harga barang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan;
  17. menyusun dan meneliti daftar rekanan yang mampu (lulus prakualifikasi) untuk keperluan pengadaan barang;
  18. melakukan pengadaan/ pembelian barang dan mempersiapkan kontrak dan berita acara sesuai ketentuan yang berlaku;
  19. menyusun Rencana Kebutuhan Pemeliharaan Barang Dinas;
  20. menyimpan, merawat dan memelihara barang/ perlengkapan yang belum didistribusikan;
  21. melakukan kegiatan pemeliharaan barang/perlengkapan milik Dinas;
  22. menyusun realisasi penggunaan barang/ perlengkapan milik Dinas;
  23. memproses dan mengusulkan barang/ perlengkapan yang layak hapus berdasarkan ketentuan yang berlaku;
  24. menyiapkan bahan kegiatan kehumasan Dinas;
  25. melaksanakan urusan administrasi kepegawaian lingkup Dinas meliputi layanan administrasi kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala (KGB), daftar urut kepangkatan (DUK), data pegawai, kartu pegawai (Karpeg), Karis/ Karsu, tunjangan anak atau keluarga, Askes, Taspen, taperum, pensiun, membuat usulan formasi pegawai, membuat usulan izin belajar, membuat usulan izin diklat, kesejahteraan pegawai, penyesuaian ijazah, usulan pemberian penghargaan, memberikan layanan Penilaian Angka Kredit (PAK) Jabatan Fungsional, pembinaan/ teguran disiplin pegawai, membuat konsep usulan cuti pegawai sesuai aturan yang berlaku, membuat konsep pemberian izin nikah dan cerai, membuat usulan pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan, membuat dan atau mengusulkan perpindahan atau mutasi pegawai sesuai dengan peraturan yang berlaku, melaksanakan pengelolaan Sasaran Kerja Pegawai (SKP);
  26. mengelola administrasi perjalanan dinas lingkup Dinas;
  27. menyiapkan bahan laporan akuntabilitas kinerja pada Sub Bagian;
  28. mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan lingkup tugas serta mencari alternatif pemecahannya;
  29. mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan bidang tugasnya sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  30. memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  31. membagi tugas kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  32. memberi petunjuk kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku;
  33. menilai hasil kerja bawahan, memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pengembangan karier;
  34. menyusun laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan; dan
  35. melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

                                         

                                                              DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN 

   DISPERINDAG KABUPATEN LEBAK

Copyright@2017