22 Mar

LEBAK 22/03/2018, Telah di laksanakan Rapat Koordinasi Tim Pengedalian Inflasi Daerah Triwulan 1 Tahun Anggaran 2018 pada tanggal 20 maret 2018 bertempat di Aula Terbatas Setda Kabupaten Lebak yang dipimpin oleh Ketua Harian TPID Lebak (Bapak Sekretaris Daerah), Wakil Ketua TPID (Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten), dan Sekretaris TPID (Asisten Perekonomian dan Pembangunan) dan dihadiri oleh Anggota TPID Kabupaten Lebak Agenda Rakor tersebut yaitu melakukann penyusunan program kegiatan TPID Kabupaten Lebak Tahun 2018. 

Dari Hasil Rakor diperoleh beberapa point Rekomendasi Yaitu :

- Menjaga ketersediaan barang pokok & keterjangkauan harga menjelang Bulan Suci Ramadhan 1439 Hijriyah

- Perlu diagendakan pertemuan antara Bulog, Dinas Pertanian, Tim Sergap dan Kodim

- Gerakan menanam bibit cabai dan palawija ( Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian )

- Pemberdayaan Bumdes dalam hal penyediaan pangan 

- Pemberdayaan Rumah Pangan Kita (RPK) 

- Perbaikan, Pemeliharaan Infrastruktur jalan dan jaminan keamanan Distribusi bahan pokok.

- Penampungan gabah/beras di gudang SRG ( Sistem Resi Gudang ) dengan melibatkan pihak Swasta 

- Himbauan melalui MUI menjelang Bulan Suci Ramdahan agar masyarakat belanja kebutuhan pokok sesuai kebutuhan 

- Rakor TPID triwulan 2 dilaksanakan minggu depan ke-3 atau ke-4 Bulan April 2018.


14 Feb

LEBAK 14/02/2018, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak mengadakan kegiatan, workshop pusat informasi harga pangan strategis yang dilaksanakan pada hari rabu tanggal 14 Februari 2018, bertempat di Aula Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak.

Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang yang terdiri dari 12 orang surveyor dan olah data, 1 orang tenaga operator komputer, 1 orang pembantu operator dan 6 orang pelaksana pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak.

Kegiatan ini bermaksud untuk memudahkan dalam pemantauan harga pangan dipasr Kecamatan Kabupaten Lebak, selain itu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman setiap petugas yang melaksanakan input data harga sehingga informasi harga komoditas yang ditampilkan dalam PIHPS diharapkan dapat lebih lengka, akurat dan terkini yang akan mendukung pelaksanaan tugas pemantauan harga harian dan oengambilan kebijakan oleh tim pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Lebak.


7 Feb
 

Lebak, Selasa 23/01/2018 UPT Metrologi Legal Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak melakukan Pengawasan dan Pendataan kepada para pemilik Ukuran, Takaran, Timbangan dan Perlengkapannya (UTTP) yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Lebak.  Hal ini juga dilakukan kepada badan usaha Forum BULOG yang berlokasi di kecamatan Warunggunung. Para pengelola Badan Usaha Forum BULOG tersebut memahami benar tentang pentingnya KEBENARAN dalam hal pengukuran dan mengetahui tentang Undang-undang No.2 tahun 1981. Karenanya mereka siap apabila peralatan Ukuran, Takaran, Timbangan dan Perlengkapannya (UTTP) yang ada dilakukan Tera dan Tera Ulang.


8 Feb
 

Lebak, Kamis 08/12/2018 Pengawasan dan Pendataan Ukuran, Takaran, Timbangan dan Perlengkapannya (UTTP) yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Lebak kembali dilakukan oleh UPT Metrologi Legal Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak. Kali ini Pengawasan dan Pendataan di lakukan pada perusahaan air minum kemasan yang berlokasi di Km 05 yaitu PT. Etika Jayadi Makmur (EJM). Perusahaan sangat mengapresiasi atas kehadiran Tim dari Metrologi Legal untuk melakukan pengawasan dan pendataan alat UTTP yang dimilikinya tersebut. Perusahaan tidak merasa keberatan apabila alat UTTPnya dilakukan tera dan tera ulang.


7 Feb
 
 Selasa, 21/11-2017, UPTD Metrologi Legal Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak melakukan pelayanan Tera dan Tera Ulang terhadap para pedagang yang memiliki Ukuran, Takaran, Timbangan dan Perlengkapannya (UTTP) yang ada di Pasar Sampay. Demi meningkatkan intensitas Perlindungan terhadap konsumen, maka pemerintah menyiapkan petugas-petugas yang bertujuan untuk melakukan Pelayanan terhadap sejumlah Pedagang yang berada di lingkungan Pasar Sampay. Perlindungan konsumen tersebut berkaitan dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal yang mengelola satuan-satuan ukuran, metoda-metoda pengukuran dan alat-alat ukur, yang menyangkut persyaratan teknik dan peraturan berdasarkan Undang-undang yang bertujuan melindungi kepentingan umum dalam hal kebenaran pengukuran.


 


Page 1 of 2

 

                                         

                                                              DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN 

   DISPERINDAG KABUPATEN LEBAK

Copyright@2017